Cara Pintar Atasi Ruangan Sempit

Share:
Interior Design sejasa.com ruangan sempit

Setiap orang pastinya membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal. Namun, masalahnya adalah semakin ke sini semakin banyak orang dan tentunya berdampak juga pada kebutuhan mereka akan tempat tinggal. Karena itu, saat ini banyak pihak sedang berlomba-lomba untuk mencari solusi atas kebutuhan rumah tersebut. Salah satu jawabannya adalah dengan membangun rumah minimalis yang tidak membutuhkan wilayah yang luas, atau membangun hunian vertikal untuk lebih menghemat tempat. Pastinya, karena rumah minimalis tidak terlalu luas, pasti bagian-bagian di rumah tersebut juga akan ikut berkurang luasnya. Sama juga halnya jika Anda tinggal di dalam apartemen, ukurannya juga tidak akan seperti Anda tinggal di rumah tinggal biasa. Tapi, Anda jangan khawatir jika tinggal di rumah yang sempit. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kamar yang berukuran sempit tersebut. Cara-caranya bisa Anda simak pada penjelasan interior design untuk ruangan sempit di bawah ini.

Cermin Ajaib
Percaya atau tidak, cermin adalah salah satu benda yang berperan penting untuk membuat sebuah ruangan yang sempit menjadi terlihat sedikit lebih luas. Cermin dapat membantu memberikan ilusi dan sangat tepat sekali untuk diletakkan di ruangan yang sempit. Pasanglah cermin yang berukuran besar di tengah-tengah ruangan. Karena, jika ukurannya terlalu kecil, malah gagal untuk menciptakan suasana yang luas. Bahkan, jangan ragu untuk menggunakan cermin yang ukurannya sampai menutupi salah satu sisi tembok. Tetapi, jangan letakkan cermin di dua sisi tembok ruangan, karena akan terlihat berantakan dan Anda akan pusing melihat terlalu banyak bayangan di dalamnya. 

Palet Warna
Salah pilih warna, maka Anda akan menyesal! Ada beberapa warna yang tidak cocok untuk digunakan di ruangan yang sempit. Karena warna cat yang salah akan memperburuk kamar dan membuatnya menjadi semakin sempit. Pilihlah cat dengan warna-warna yang terang agar menambah kesan yang luas pada ruangan Anda. Sebisa mungkin hindari penggunaan wallpaper dengan motif yang rumit, apalagi jika warna wallpapernya adalah warna yang gelap. Anda tetap boleh menggunakan wallpaper, tapi harus lebih selektif dalam memilihnya. 

Rajin Rapikan
Hal ini adalah salah satu hal wajib yang perlu untuk dilakukan oleh Anda dengan rutin. Jangan terlalu terfokus pada hal-hal yang besar tetapi malah melupakan hal-hal dasar dan penting. Rajinlah untuk membersihkan setiap hal yang berantakan di setiap sudut ruangan Anda. Jangan biarkan ada debu yang menempel. Lap setiap bagian yang jarang tersentuh sehingga debu-debu akan sangat senang untuk menempel di sana. 

Jika memang tidak sempat, atau bahkan malas untuk membersihkan ruangan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghindarinya. Segera rapikan tumpukan buku yang selesai dibaca ke tempatnya. Buang sampah-sampah kecil langsung ke tempatnya. 

Lengkungan Indah
Hal ini bisa menjadi salah satu panduan untuk Anda dalam memilih perabotan di ruangan. Sebisa mungkin jangan gunakan perabotan dengan sudut-sudut atau berbentuk kotak atau persegi panjang. Tapi, coba gunakan perabotan yang memiliki lengkungan-lengkungan. Contohnya, jangan gunakan sofa yang berbentuk kotak, tetapi cobalah gunakan sofa yang berbentuk lingkaran. Karena pastinya ada perbedaan ukuran antara sofa yang berbentuk kotak yang sedikit lebih besar dari sofa yang berbentuk lingkaran. Meski perbedaan ukurannya tidak terlalu signifikan, tetapi hal kecil seperti ini dapat membantu memberikan kesan sehingga ruangan terlihat tidak sempit dan membuat ruangan Anda tidak terlihat monoton.

Tidak ada komentar