Cara Mendapatkan Premi Murah Asuransi Jiwa

Share:

premi asuransi jiwa

Asuransi jiwa memiliki banyak manfaat untuk menjamin risiko finansial yang akan dihadapi oleh keluarga yang ditinggalkan. Namun, mahalnya biaya premi yang harus dibayarkan tiap bulannya menyebabkan banyak orang yang tidak membeli asuransi ini. Guna menghindari hal tersebut, berikut beberapa cara mendapatkan premi asuransi jiwa yang murah.

·         Pilih asuransi jiwa murni
Asuransi jiwa secara umum terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu asuransi jiwa murni (term life), Asuransi jiwa seumur hidup (whole life), dan asuransi jiwa dwiguna (endowment). Asuransi jiwa murni memiliki premi yang paling murah dibandingkan dengan dua jenis asuransi lainnya.

Penyebab asuransi jiwa murni lebih murah adalah karena tidak memiliki unsur investasi, jadi semua premi yang Anda bayarkan akan digunakan sebagai proteksi. Alhasil, premi yang Anda bayarkan lebih murah dengan biaya pertanggungan jauh lebih besar.

·         Beli asuransi sedini mungkin
Pihak asuransi memperhitungkan besaran premi berdasarkan pada beberapa faktor risiko, di mana semakin tinggi risiko maka premi akan semakin mahal. Faktor utama yang menjadi penentu risiko ini adalah usia. Jadi, jika ingin mendapatkan premi asuransi jiwa yang murah, belilah asuransi sedini mungkin.

·         Jangan ambil rider
Rider adalah asuransi tambahan yang bertujuan untuk memberikan manfaat tambahan. Meski demikian, hal tersebut akan berdampak pada besaran premi yang harus Anda bayarkan. Jadi, sebaiknya hindarilah mengambil rider saat membeli asuransi.

Pastikan, juga agen Anda tidak menambahkan premi pada proposal asuransi. Sebab ada beberapa agen asuransi yang otomatis menambahkan rider dalam proposal asuransi mereka untuk meningkatkan besaran premi sehingga komisi yang didapat agen lebih besar.

·         Hindari asuransi seumur hidup
Asuransi seumur hidup memang memberikan perlindungan lebih lama, namun hal ini akan berimplikasi pada besaran premi. Pembelian asuransi seumur hidup juga termasuk pemborosan karena pada dasarnya asuransi jiwa melindungi finansial keluarga jika kepala keluarganya meninggal. Jadi, ketika anak Anda sudah berpenghasilan, maka asuransi tidak dibutuhkan lagi.

Itulah beberapa cara mendapatkan premi asuransi jiwa yang murah. Selain beberapa cara di atas, pemilihan penyedia asuransi yang tepat juga bisa meringankan besaran premi, seperti Allianz yang mampu memberikan perlindungan maksimal dengan premi yang terjangkau.

Tidak ada komentar