Inilah Beberapa Kondisi yang Ditangani Oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Geriatri di Bogor

Share:
Dokter

Sering dengan pertambahan usai yang ada, tak bisa dipungkiri jika kesehatan mental maupun fisik juga pasti akan mengalami penurunan. Hal ini lah yang menyebabkan adanya kerentanan pada kelompok usia lanjut untuk terkena bermacam-macam penyakit. Disinilah peran dokter spesialis geriatri. Dokter spesialis geriatri adalah dokter spesialis yang akan menangani berbagai keluhan kesehatan yang terjadi pada lansia. Umumnya dokter geriatri akan membantu lansia dalam menjaga kesehatannya untuk meminimalkan resiko terjadinya penyakit penuaan. Dokter geriatri pun bertanggungjawab dalam menangani berbagai macam gangguan-gangguan kesehatan yang terjadi pada lansia. Baik kesehatan fisik maupun mental. Dibawah ini kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu dokter geriatri serta dokter spesialis penyakit dalam geriatri di Bogor.

Kondisi-kondisi yang dapat ditangani oleh dokter geriatri diantaranya adalah:

Penyakit yang berkaitan dengan adanya penurunan pada fungsi tubuh.
Banyak sekali penyakit yang berhubungan dengan penurunan pada fungsi tubuh, seperti misalnya peradangan pada sendi dan tulang atau osteoarthitis, jantung, kanker, pikun, osteoporosis atau keropos tulang, tekanan darah tinggi, stroke, hingga diabetes.

Penurunan kemampuan gerak (imobilisasi).
Terjadinya penurunan kemampuan gerak atau imobilisasi akan membuat lansia membutuhkan dokter geriatri. Disinilah peran dokter geriatri akan sangat diperlukan untuk peningkatan kualitas hidup mereka. Dokter geriatri akan mengupayakan agar pasien dapat berjalan, berdiri, menggerakkan tubuh, dan melakukan aktivitas-aktivitas dengan aman.

Gangguan pada gerak kognitif.
Gangguan pada gerak kognitif tidak dapat dihindarkan. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh suatu penyakit, gangguan hormon dan metabolisme, serta efek samping suatu obat.

Efek samping konsumsi obat.
Peran dokter geriatri akan sangat terlihat. Disini dokter geriatri berperan untuk mengenali efek samping serta interaksi obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasiennya. Hal ini disebabkan dengan seiring dengan pertambahan usia, fungsi tubuh serta metabolisme akan cenderung menurun sehingga akibat hal ini lansia akan sangat sensitif terhadap efek samping dari obat.

Langkah yang biasanya diambil oleh dokter geriatri adalah akan mengevaluasi kondisi pasien terlebih dahulu. Dari hasil evaluasi yang didapatkan, dokter geriatri akan bekerjasama dengan tim medis untuk menentukan pengobatan ataupun perawatan mana yang tepat agar kualitas hidup pasien menjadi lebih baik. Tim medis yang biasanya terlibat antara lain ialah dokter spesialis rehabilitasi medis, fisioterapis, psikologi perawat, terapis wicara, psikiater, serta dokter spesialis gizi. Pengobatan yang umumnya diberikan oleh dokter geriatri bersama tim medis ialah:

Fisioterapis atau terapi fisik.
Fisioterapi diberikan guna meningkatkan serta menjaga kelenturan, keseimbangan, serta kemampuan gerak pada lansia. Umumnya fisioterapi akan diberikan kepada lansia yang menderita radang sendi, stroke, osteoporosis, parkinson, demensia, serta alzheimer.

Psikoterapi.
Untuk meningkatkan kesehatan mental pada pasien, dokter geriatri akan bekerja sama dengan psikiater dan juga psikolog. Hal ini dikarenakan adanya penurunan kesehatan dan juga keterbatasan pada fungsi tubuh, dan stres dapat pula menurunkan kesehatan pada mental lansia.

Pengelolaan pemberian obat.
Dalam kondisi tertentu, lansia akan mengonsumsi obat dalam jumlah yang banyak. Guna meminimalkan efek samping konsumsi obat yang terlalu banyak. Doktor geriatri akan mengevaluasi ulang obat apa yang akan di konsumsi oleh lansia.

Dibawah ini adalah beberapa dokter spesialis penyakit dalam geriatri di Bogor, yaitu:

dr. Pauline Suwandhi, Sp.PD.
Lokasi praktek : Rumah Sakit Bogor Senior.
Jam praktek : Senin, Selasa, Rabu, Kamis 09.00-10.30. Sabtu 09.30-12.00. 

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar